ANALISIS MODEL ALTERNATIF INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA UNIT PELAYANAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna mengembangkan tata kelola pemerintahan yang baik sudah
merupakan suatu keniscahyaan. Oleh karena itu, evaluasi kinerja pelayanan publik menjadi aktivitas
yang bermanfaat untuk mengukur sejauhmana keberhasilan pelayanan publik yang diberikan kepada
masyarakat oleh penyelenggara layanan, sekaligus sebagai langkah korektif untuk memperbaiki
berbagai hal yang menjadi kekurangan yang ditemukan pada saat evaluasi. Mengindahkan bahwa
tindakan ini penting dan strategis maka harus dirumuskan sebuah model instrumen pengukuran
yang tepat dan kontekstual untuk bisa melakukan upaya penilaian secara obyektif dan benar terhadap
berbagai penyelenggara pelayanan publik yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Boyne. George A., et.all. 2006. Public Service
Performance: Perspective on Measurement
and Management. Cambridge University
Press.
Davis, Mark M. & Janelle Heineke. 2003. Managing
Services, Using Technology to Create Value,
McGraw-Hill/Irwin, New York.
Denhardt, J.V. and R.B.Denhardt. 2003. The New
Public Service: Serving Not Steering. New
York: M.E.Sharpe.
Denzin, Norman. K., & Yvonna S. Lincoln. 2005.
The Sage Handbook of Qualitative Research.
Third Edition. London: Sage Publication.
DeVrey, Catherine. 1994. Good Service is Good
Business, 7 Simple Strategies for Success,
Competitive Edge Management Series,
AIM.
Dwiyanto, Agus., dkk., 2002, Reformasi Birokrasi
Publik di Indonesia, Yogyakarta, Pusat Studi
Kebijakan dan Kependudukan, UGM.
_________., 2003. Teladan dan Pantangan dalam
Penyelenggaraan Pemerintahan dan Otonomi
Daerah, Yogyakarta, Pusat Studi Kebijakan
dan Kependudukan, UGM.
_________, 2006. “Mewujudkan Good Governance
dalam Pelayanan Publik., Yogyakarta, Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan,
UGM.
_________.2007,. Kinerja Tata Pemerintahan Daerah di
Indonesia. Yogyakarta, Pusat Studi Kebijakan
dan Kependudukan, UGM.
_________.2011. Mengembalikan Kepercayaan
Publik melalui Reformasi Birokrasi. Pusat Studi
Kebijakan dan Kependudukan, UGM.
Frederickson, H.G. 1997. The Spirit of Public
Administration. San Francisco: Jossey-Bass
Publishers.
Nachmias, David and Nachmias Chava. 1987.
Research Methods in The Social Science Third
Edition. New York: St. Martin’s Press.
Purwanto & Suparman Atwi. 1999. Evaluasi Program
Diklat. Jakarta: STIA LAN Press.
Skelcher, C. 1992. Managing for Service Quality.
London: Longman.
Trilestari. W. Endang. 2004. Keikutsertaan
Masyarakat dalam Membangun Kualitas
Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi.
Vol.1. No.1. Bandung STIA LAN RI.