PENGARUH KAPASITAS ORGANISASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DI STIA LAN BANDUNG
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
tersebut, nampaknya kapasitas organisasi memberikan pengaruh yang cukup siginifikan terhadap pencapaian kinerja
suatu organisasi. Adapun yang mendasari penelitian ini adalah adanya berbagai fenomena yang mengindikasikan
kinerja STIA LAN Bandung belum optimal.
Dalam penelitian ini, kapastitas organisasi diteliti dengan menggunakan delapan dimensi yaitu kepemimpinan
stratejik, struktur organisasi, sumber daya manusia, keuangan, infrastruktur, manajemen program, manajemen proses,
dan hubungan antar organisasi. Sedangkan kinerja organisasi diteliti dengan menggunakan empat dimensi yaitu
efektivitas, efisiensi, relevansi, dan kelayakan keuangan.
Analisis hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui
bahwa dari delapan dimensi kapasitas organisasi, hanya satu dimensi yang tidak berpengaruh terhadap kinerja
organisasi, yaitu manajemen proses. Sedangkan ketujuh dimensi yang lain memberikan kontribusi kepada kinerja
organisasi.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of
Performance Management – An Evidence-based
guide to delivering High Performance, 4th Edition.
London: Kogan Page Ltd.
Dwiyanto, Agus. Dkk., (2002). Reformasi Birokrasi di
I n d o n e s i a . Y o g y a k a r t a : P u s a t S t u d y
Kependudukan dan Kebijakan UGM.
Gudono. (2012). Analisis Data Multivariat. Yogyakarta:
BPFE.
Imbaruddin, A. (2010). Kinerja Organisasi Publik:
Kuantitas atau Kualitas atau Kuantitas dan Kualitas.
Orasi Ilmiah pada Pengukuhan Guru Besar di
STIA LAN Makassar. 22 Mei 2010.
International Journal of Business and Behavioral
Sciences Vol. 2, No.9; September 2012.
Connotation of Organizational Effectiveness and
Factors Affecting It. Dr. Muhammad Tariq Khan,
Dr. Naseer Ahmed Khan, Sheraz Ahmed, &
Mahfooz Ali. p 21
IUCN, (2004). Assessing Organizational Performance.
Third African Evaluation Association Conference,
Professional Development Workshop. Cape Town,
South Africa, 29th – 30th November 2004.
Universalia.
Lusthaus, C., Adrien, M.H., Anderson G., Carden, F.,
and Montalván, G.P. (2002). Organizational
Assessment - A Framework For Improving
Performance. Washington, D.C.: Inter-American
Development Bank
Mahmudi. (2007). Manajemen Kinerja Sektor Publik.
Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Pasolong, Harbani, (2008). Teori Administrasi Publik.
Bandung: Alfabeta.
Purwanto, E.A., dan Sulistyastuti, D.R. (2011). Metode
Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik
dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gava
Media.
Riduwan dan Kuncoro, E.A. (2008). Cara Menggunakan
dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis).
Bandung: Alfabeta.
Robbins, S.P. (2003). Perilaku Organisasi. (Terjemahan).
Jakarta: PT Indeks.
Rowe, A. et al. (1995). Strategic Management: Concept
and Application. San Francisco: Jossey-Bass
Publishers.
Ruky, A.S. (2003). SDM Berkualitas – Mengubah Visi
Menjadi Realitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
Sofyandi, H. dan Garniwa, I. (2007). Perilaku
Organisasional. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, N. dan Ibrahim. (2001). Penelitian dan
Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. (2010). Analisis Multivariat - Arti &
Interpretasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Tangkilisan, H.N.S. (2007). Manajemen Publik. Jakarta:
PT Grasindo.
Thoha, M. (2003). Perilaku Organisasi – Konsep Dasar dan
Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
William, R.S. (2002). Managing Employee Performance,
Design, and Implementation in Organization.
London: Thomson-Learning.
Wirjana, B. R., (2007). Mencapai Manajemen Berkualitas –
Organisasi, Kinerja, Program. Yogyakarta: Andi.