KONTRIBUSI KINERJA DOSEN DAN PELAYANAN ADMINISTRATIF TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA STIA LAN BANDUNG
Abstract
pelayanan administratif di STIA-LAN Bandung, dengan menggunakan model pendekatan Analisis Jalur. Model
tersebut akan menggunakan Software SPSS yang secara luas sudah banyak digunakan dalam berbagai jenis penelitian
persepsi yang kemudian penulis kembangkan dengan menggunakan variabel independent kinerja dosen dan pelayanan
administrative terhadap variabel dependent nya yaitu variabel Kepuasan Mahasiswa.
Dalam penelitian ini digunakan metode pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket/kuesioner kapada
mahasiswa sesuai jumlah sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik sampling Slovin. Kuesioner diberikan
kepada responden yaitu para mahasiswa tugas belajar dan izin belajar di STIA-LAN Bandung yang aktif mengikuti
perkuliahan di STIA LAN Bandung. Isian kuesioner yang diterima kembali adalah sebanyak 92 (Sembilan puluh dua)
buah dan yang layak untuk dianalisis datanya dengan menggunakan SPSS adalah berjumlah 85 (delapan puluh lima).
Setelah dilakukan analisis terhadap 85 responden yang telah mengisi kuesioner dengan benar, maka diperoleh
simpulan yaitu Pengaruh dari Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa adalah sebesar 0,269. Pengaruh dari
Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa adalah sebesar 0,331. Korelasi antara Kinerja Dosen dengan
Pelayanan Akademik adalah sebesar 0,458. Korelasi antara Kinerja Dosen dengan Kepuasan Mahasiswa adalah sebesar
0,424. Pengaruh variabel lain diluar model (error) sebesar 0,34, diperoleh dengan menggunakan rumus ξ = 1 – R2 = 1-
0,656 = 0.34.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief, Muhtosin, 2006, Pemasaran Jasa dan Kualitas
Pelayanan, Malang, Bayu Media Publishing
Arikunto, S, 2002, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan
Praktik, Jakarta, Rineka Cipta
Armstrong, Michael and Baron, Angela, 1998,
Performance Management, Institute of Personel
and Development
Creswell, John W. 2009, Research Design: Qualitative,
Quantitative, And Mixed Method Approaches,
University of Nebaraska-Lincoln
Bacal, Robert (alih bahasa Surya Dharma), 2001,
Performance Management, Jakarta: PT SUN.
Fandy Tjiptono, 1997, Prinsip-Prinsip Total Quality
Services, Yogyakarta, Andi
Harun Al-Rasyid, 1994, Teknik Penarikan Sampel Dan
Penyusunan Skala, Program Pasca Sarjana
UNPAD.
Milkovich, Geroge T., John W. Boudreau, 1997, Human
Resources Management, Irwin.
Nazir, Mohammad, 1988, Metode Penelitian, Jakarta:
Ghalia Indonesia
Normann, Richard, 1991, Service Management,
England, Jhon Wiley & Sons.
Rangkuti, Freddy, 2003, Measuring Customer
Satisfaction, Jakarta, PT. Gramedia
Santoso Singgih dan Tjiptono Fandy, 2002, Konsep dan
Aplikasi dengan SPSS, Jakarta, PT. Gramedia.
Sevilla, Condello, dkk, 1993, Pengantar Metode
Penelitian, Jakarta: Universitas Indonesia (UIPress)
Silalahi, Ulber, 2008, Metode dan Metodologi Penelitian,
Bandung, Penerbit Bina Budhaya
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R&D, Bandung, Alfabeta CV.
DOI: https://doi.org/10.31113/jia.v11i1.33
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Administrasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Administrasi Indexed by:
Â
@2017-2019
Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung
Laman: stialanbandung.ac.id
Powered by OJS (Open Jounal Systems)