PERAN SENTRAL KINERJA DOSEN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA STIA-LAN BANDUNG
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
STIA-LAN Bandung, dengan menggunakan model pendekatan Analisis regresi dan korelasi. Model tersebut akan
memanfaatkan Software SPSS yang secara luas sudah banyak digunakan dalam berbagai jenis penelitian persepsi yang
kemudian penulis kembangkan dari variabel bebas kinerja dosen dan variabel tak bebas nya yaitu kepuasan mahasiswa.
Metode pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket/kuesioner kapada mahasiswa sesuai jumlah sampel
yang terpilih dengan menggunakan teknik sampling dari Slovin. Kuesioner diberikan kepada responden yaitu para
mahasiswa tugas belajar dan izin belajar di STIA-LAN Bandung yang aktif mengikuti perkuliahan di STIA LAN
Bandung. Isian kuesioner yang diterima kembali adalah sebanyak 100 mahasiswa dan yang dapat di analisis adalah 91
buah dan dianggap layak karena memenuhi jumlah sampel minimal untuk dianalisis. Setelah dilakukan analisis terhadap
91 kuesioner tersebut, diperoleh simpulan bahwa: Pengaruh dari Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa adalah
sebesar 0,808, Korelasi antara Kinerja Dosen dengan kepuasan mahasiswa 0,808 dan masuk ke dalam katagori â€Kuatâ€.
Pengaruh variabel lain diluar model (error) sebesar 0,34. Model Persamaan regresi linier: Y = 1,858 +0,785 X.
Dengan mendapatkan koefisien arah regresi sebesar 0,785 yang positif nilainya, ini menunjukkan bahwa peningkatan
kepuasan mahasiswa ini akan di dorong oleh kinerja dosen yang lebih baik. Model Persamaan Strukturalnya: Y=0,808 X
+0,34. Dengan mendapatkan nilai pengaruh yang positif ini tentunya mengindikasikan bahwa kontribusi dan peranan
kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa sangat menentukan sekali.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Arief, Muhtosin, 2006, Pemasaran Jasa dan Kualitas
Pelayanan, Malang, Bayu Media Publishing
Arikunto, S, 2002, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan
Praktik, Jakarta, Rineka Cipta
Armstrong, Michael and Baron, Angela, 1998,
Performance Management, Institute of Personel
and Development
Creswell, John W. 2009, Research Design: Qualitative,
Quantitative, And Mixed Method Approaches,
University of Nebaraska-Lincoln
Bacal, Robert (alih bahasa Surya Dharma), 2001,
Performance Management, Jakarta: PT SUN.
Fandy Tjiptono, 1997, Prinsip-Prinsip Total Quality
Services, Yogyakarta, Andi
Harun Al-Rasyid, 1994, Teknik Penarikan Sampel Dan
Penyusunan Skala, Program Pasca Sarjana
UNPAD.
Milkovich, Geroge T., John W. Boudreau, 1997, Human
Resources Management, Irwin.
Nazir, Mohammad, 1988, Metode Penelitian, Jakarta:
Ghalia Indonesia
Normann, Richard, 1991, Service Management,
England, Jhon Wiley & Sons.
Rangkuti, Freddy, 2003, Measuring Customer
Satisfaction, Jakarta, PT. Gramedia
Santoso Singgih dan Tjiptono Fandy, 2002, Konsep dan
Aplikasi dengan SPSS, Jakarta, PT. Gramedia.
Sevilla, Condello, dkk, 1993, Pengantar Metode
Penelitian, Jakarta: Universitas Indonesia (UIPress)
Silalahi, Ulber, 2008, Metode dan Metodologi Penelitian,
Bandung, Penerbit Bina Budhaya
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R&D, Bandung, Alfabeta CV.