Analisis Pemetaan Potensi Daerah Dalam Rangka Menciptakan Keunggulan Daerah Di Provinsi Aceh

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Putri Wulandari Rejeki

Abstract

Adanya hak istimewa yang disandang provinsi Aceh, bukan berarti pertumbuhan dan pembangunan ekonomi mendapatkan prioritas diantara daerah lain di Indonesia. Hal ini terbukti dari laju pertumbuhan ekonominya yang hanya mencapai 3,31 % jauh di bawah laju pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,36 % pada Tahun 2016. Sejalan dengan perbaikan skala prioritas dan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pada Tahun 2018 Pemerintah Pusat akan mewujudkan beberapa proyek nasional di Provinsi Aceh.Dengan menggunakan analisis Tipologi Klassen akandilakukan pemetaan potensi daerah di Provinsi Aceh. Berdasarkan analisis ini yang termasuk ke dalam Kuadran I (sektor unggulan) adalah Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan; Sektor Konstruksi; Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor; Sektor Transportasi dan Pergudangan; serta Sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib. Yang termasuk ke dalam kuadran II (sektor berkembang) adalah Sektor Pengadaan Listrik dan Gas; Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang; Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum; Sektor Informasi dan Komunikasi; Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi; Sektor Real Estate; Sektor Jasa Perusahaan; Sektor Jasa Pendidikan; Sektor Kesehatan dan Kegiatan Sosial; serta Sektor Jasa Lainnya. Yang termasuk ke dalam Kuadran III (sektor potensial) adalah Sektor Pertambangan dan Penggalian; serta Sektor Industri Pengolahan.Sementara tidak ada satu pun sektor lapangan usaha yang masuk dalam Kuadran IV. Adapun rekomendasi untuk mengoptimalkan pengembangan potensi ekonomi di Provinsi Aceh adalah melalui promosi dan ekspansi untuk sektor unggulan, intensifikasi untuk sektor yang masih berkembang, dan ekstensifikasi untuk sektor potensial.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Rejeki, P. W. (2018). Analisis Pemetaan Potensi Daerah Dalam Rangka Menciptakan Keunggulan Daerah Di Provinsi Aceh. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1), 18–34. https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.129


Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik. (2017). PDRB Provinsi Aceh. Provinsi Aceh.

Elysanti, S., P, T. H., D, H. C., Iesp, J., Ekonomi, F., & Unej, U. J. (2015). Wilayah Kecamatan di Kabupaten Jember ( Tipology Analysis and Sector Potential In Regional Economic Development of Jember District ).

Fuad, H. (2017). 1. Retrieved January 9, 2018, from https://ekbis.sindonews.com/read/1198576/34/bappenas-kebut-pembangunan-infrastruktur-aceh-1492604111

Mahmudi. (2010). Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Erlangga.

Miroah, C. (2015). Analisis penentuan sektor unggulan kota semarang melalui pendekatan tipologi klassen.

Ratnasari, E. D. (2014). Sectors Analysis and Determination of Gdp Forming Leading. Jurnal Fokus Bisnis, 13(1), 1–29.

Suprayitno, B., & Nurseto, T. (2010). Pergeseran Sektor Ekonomi Unggulan Kabupaten Bantul Pasca Gempa melalui Analisis Tipologi Klassen, 1–24.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh