FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN NASABAH MUSLIM DAN NON MUSLIM DALAM MEMILIH JASA BANK SYARIAH DI KOTA SURABAYA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Andry Herawati
Liling Listyawati

Abstract

Keberadaan bank syariah tidak hanya untuk masyarakat muslim tetapi masyarakat non muslim juga sudah mulai menggunakannya. Kedua nasabah tersebut tentunya mempunyai alasan-alasan tersendiri dalam keputusan memilih jasa bank syariah.  Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan perilaku nasabah dan mengidentifikasi faktor-faktor penentu keputusan nasabah muslim dan non muslim dalam memilih bank syariah di Kota Surabaya. Teknik analisis yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis faktor. Sampel diambil dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling aksidental sebanyak 150 nasabah bank syariah yang tersebar di lima wilayah kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan masih ada nasabah muslim yang menggunakan bank syariah sekaligus juga bank konvensional, sebaliknya ada nasabah non muslim yang hanya menggunakan bank syariah saja. Sedangkan berdasarkan faktor loading dari analisis faktor ditemukan bahwa untuk nasabah muslim, varibel daya tarik fisik (eksterior & interior) lebih cenderung menjadi pertimbangan penting daripada variabel yang lain, sedangkan pada nasabah non muslim variabel fasilitas komputer, ATM, Phone Plus yang memuaskan lebih menjadi pertimbangan utamanya. Direkomendasikan bank syariah hendaknya mendiferensiasikan produk yang unik, dipromosikan lebih informatif, melakukan personal selling dengan menggandalkan personel yang memahami produk knowledge bank syariah, dan berfokus pada service excellence dengan mengembangkan fasilitas pelayanan.

       

 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Herawati, A., & Listyawati, L. (2017). FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN NASABAH MUSLIM DAN NON MUSLIM DALAM MEMILIH JASA BANK SYARIAH DI KOTA SURABAYA. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 14(2), 205–221. https://doi.org/10.31113/jia.v14i2.114


Section
Articles


Author Biography

Andry Herawati, FIA Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Fakultas Ilmu Administrasi/ IIId/Lektor

References

Anita Rahmawaty. 2008 Analisis Pemicu Perbedaan Motivasi Nasabah Berafiliasi Antara Bank Konvensional dan Bank Syari’h di Semarang, Kumpulam Makalah ACIS “Penguatan Peran Perguruan Tinggi Agama Islam Dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa†Palembang,

Bitner, Mary Jo. 1990. Evaluating Service Encounters: The Effect of Physical Surrounding and Employee Responses. Journal of Marketing. Vol 54, April, p 69-82.

_____________. 1992. Servicecapes: The Impact of Physical Surrounding on Customers and Employees. Journal of Marketing. Vol. 56, April, p 57-71

Blodgett, Jeffrey G and Kirk L Wakefield.1999. Customer Response to Intangible and Tangible Service Factors. Psychology & Marketing. John Wiley & Sons, Inc., Vol 16 (1), p 51 –68.

Bovee, Courtland L., Michael J. Houston, and John V. Thill. 1995. Marketing, 2nd ed. New York : McGraw-Hill, Inc.

Dahlstrom, Robert, Kevin Mc Neilly, and Thomas W Speh.1996. Buyer Seller Relationships in the Procurement of Logistical Services. Journal of The Academy of Marketing Sciences. Volume 24 (2) p 110 – 124.

Hawkins, Best,Coney. 2007.Consumer Behavior : Building Marketing Strategy, USA Boston : McGraw-Hill.

________, Mothersbaugh, and Best. 2007.Consumer Behavior : Mulding Marketing Strategy, 10 ed, USA : McGraw Hill.

Hiam, A and C.D Schewe. 1994.The Portable MBA Pemasaran. Jakarta: Binarupa Aksara.

Irsyad. 2010. Bank dan lembaga keuangan lain. Medan : USU Press.

Kotler – Keller.2012. Marketing Management Fourteenth Edition, New Jersey : Prentice-Hall, Inc.

Kasmir.2002. Bank dan Lembaga Keuangan lainnya. Jakarta : Penerbit Gramedia.

Lovelock, Christopher. 2005. Managing Service Marketing, Operation and Human Resources, London : Prentice –Hall International, Inc.

Muhamad. 2002. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta. AMPYKPN. (101)

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani,.2006. Manajamen Pemasaran Jasa, Edisi 2, Jakarta:

Salemba Empat.

Schiffman, L.G. dan L L Kanuk. 2007.Consumer Behavior. USA, New Jersey: Prentice Hall.

Siamat Dahlan.1991. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta : Penerbit Fak Ekonomi UI.

Siswantoro, Dodik. 2004. Analisis Persepsi Pengaruh Pendapatan Bank Syariah Terhadap Bagi Hasil Tabungan Mudharabah Pada Bank Syariah â€Aâ€.

Jurnal Skripsi.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Supranto, Johannes. 2001.Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelangan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar,Edisi Baru, Cetakan II, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Tjiptono, F.2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : Andi.

. 2001.Strategi Pemasaran, Edisi Ke kedua, Cetakan kelima, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Undang – Undang No. 10 tahun 1998 tentang Perbankan. Jakarta : PT Sinar Grafika.2002

Undang - Undang RI No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan. Jakarta : Sinar Grafika.1993

Wibowo, Edy dan Untung Hady Widodo. 2005. Mengapa Memilih Bank Syariah?. Bogor. Ghalia Indonesia.

Zeithaml, V.A., A. Parasuraman and A. Malhotra. 2002. Service Quality Delivery Through Web Sites: A Crtical Review of Extant Knowledge. Journal of the Academy of Marketing Science, Vol 30 (4), p 362-375.

___________, Mary Jo Bitner. 2003.Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 3rd ed. Boston: McGraw-Hill/Irwin.

Zulpahmi,Se, M.si, dkk,. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Dan Bank Muamalat di Jabodetabek) Tesis. http://www.foxitsoftware.com for evaluation only. http://lib.uin-malang. ac.id/ thesis/fullchapter /04610 018-hendi- irawan.ps,2010