PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBLITY

Rahmawati Hanny, Arif Fauzi Nurfrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, tipe industri, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris, dewan direksi dan kinerja lingkungan secara bersama-sama terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang dipublikasikan oleh Indonesia Stock Exchange (IDX) melalui website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) tahun 2012-2014.

Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 perusahaan. Dari 30 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel, total sampel selama tiga tahun menjadi 90 perusahaan. Analisis  data dimulai dengan uji statistik deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi data panel, selanjutnya pemilihan teknik model estimasi data panel, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas regresi, multikolonearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, tipe industri, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris, dewan direksi dan kinerja lingkungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility secara simultan. Nilai adjusted R-Square sebesar 0,9825. Secara parsial hanya umur perusahaan yang berpengaruh dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hanya menggunakan sampel yang terdapat dalam penelitian ini hanya 30 perusahaan manufaktur dan hanya menggunakan tiga tahun pengamatan. 


Keywords


Kinerja, Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Aji, D. Y. & Mita, A. F. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Praktek Perataan Laba Yang Menggunakan Populasi Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2002-2008. Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Anggraini, Fr. R. R. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang. Universitas Sanata Dharma Yogya.

Badjuri, A. 2011. Faktor-Faktor Fundamental, Mekanisme Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur Dan Sumber Daya Alam Di Indonesia. Universitas Stikubank. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Mei 2011, ISSN: 1979-4878 (Vol. 3, No. 1). Hal: 38-54.

Bayoud, N. S., Kavanagh, M., & Slaughter, G. 2012. Factor Influencing LevelsOf Corporate Social Responsibility Disclosure By Libyan Firms: A Mixed Study. International Journal Of Economics Ad Finance. Vol. 4. No.4; April.

Fahrizqi, A. 2010 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan, Tesis Pascasarjana FE Undip, Semarang: Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Hackston, D. and Milne, M. J., 1996. Some Determinants Of Social And Environmental Disclosures In New Zaeland Companies, Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 9, No. 1, pp. 77-108.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2015). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Irawan, B. 2006. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Iswadi. 2013. Pengaruh Ukuran Dewan Direksi, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Malikussaleh Lhoksumawe Aceh. Jurnal Kebangsaan, Vol.2 No.4, Juli. ISSN: 2089-5917.

Karima, N. 2014. Pengaaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Asing Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Widya Warta No. 02 Tahun XXXV III. Juli. ISSN 0854-1981.

Mutia, E., Zuraida & Andriani, D. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, Vol. 4. No. 2. Juli. Hal. 187-201.

Oktafia, Y. & Fibriyani, N. K. 2014. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Ikatan Akuntansi Indonesia Wilayah Jawa Timur. Didownload dari: www.multiparadigma.lecture.ub.ac.id.

Purnama, A. I., Admadja, A. T. & Darmawan, N. A. S. 2014. Pengaruh Size, Profitabilitas, Laverage, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR Disclosure) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Akuntansi Program S1. Vol. 2 No. 1.

Rakhiemah, A. N. & Agustia, D. 2009. Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure Dan Kinerja Finansial Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar DI Bursa Efek Indonesia. Univeristas Airlangga.

Rawi & Muchlish, M. 2010. Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusi, Leverage Dan Corporate Social Responsibility. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Rohmana, Y. 2010. Ekonometrika: Teori dan Applkasi Dengan Eviews. Bandung. Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperai FPEB UPI.

Rusdianto, U. 2013. CSR Communications A Framwork for PR Practitioners. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Santioso, L. & Chandra, E. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Umur Perusahaan, Dan Dewan Komisaris Independen Dalam Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Universitas Tarumanegara. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Vol. XIV No. I.

Sari, R. A. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal, Vol. I No. I.

Sembiring, E. R. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratno, D. & Mutmainah. 2006. Pengaruh Environmental Performance Terhadap Environmental Disclosure Dan Economic Performance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2004). SNA IX Padang.

Susilatri, A. R. & Indriani, D. 2011. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Size, Umur Perusahaan Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Listing di BEI Tahun 2004-2008). Universitas Riau. Pekbis Jurnal, Vol.3, No.1, Maret. Hal. 412-428.

Terzaghi, M. T. 2012. Pengaruh Earning Management Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi (Jenius). Vol. 2 No. 1. (Januari 2012).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Untari, Lisna. 2010. Effect On Company Characteristics Corporate Social Responsibility Disclosure In Corporate Annual Report Of Consumption Listed In Indonesia Stock Exchange. Universitas Gunadarma. http://www.gunadarma.ac.id.

Wahidahwati. 2002. Kepemilikan Manajerial dan Agency Conflicts: Analisis Persamaan Simultan Non Linear dari Kepemilikan Manajerial, Penerimaan Risiko, Kebijakan Utang, Dan Kebijakan Dividen. Simposium Nasional Akuntansi V. Semarang, 5-6 September.

Wahyu S. D. I. & Apriwenni, P. 2012. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2009. Institut Bisnis Dan Informatika Indonesia. Volume 1 No. 1 Februari.

Wardhani, D. G. & Sugiharto, T. 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Intensitas Pengungkapan Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Gunadarma. Bandung, 8-9 Oktober. ISSN: 1858-2559.

Widiastuti, M., Pranata P. M., & Suranta, E. 2013. Dividend Policy and Foreign Ownership. Simposium Nasional Akuntansi XVI, hlm. 3401-3423.

Wijaya, M. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Volume I/ Nomor I/ Tahun 2012.




DOI: https://doi.org/10.31113/jia.v13i3.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Administrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Administrasi Indexed by:

     

 

@2017-2019

Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung

Laman: stialanbandung.ac.id

Powered by OJS (Open Jounal Systems)