IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN DOSEN DAN PROFESIONALITAS BIROKRASI PERGURUAN TINGGI SWASTA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tatang Sudrajat

Abstract

Upaya pemberdayaan dosen merupakan suatu langkah yang sangat strategis, mengingat peran sentralnya dalam
upaya pembangunan bidang pendidikan. Berbagai kebijakan publik terkait dengan pemberdayaan dosen telah digariskan
yang tentunya harus diikuti oleh lahirnya berbagai kebijakan institusional oleh masing-masing perguruan tinggi,
termasuk perguruan tinggi swasta. Banyak aspek yang harus diperhatikan agar tujuan kebijakan pemberdayaan dosen
ini dapat tercapai secara efektif. Terkait dengan itu implementasi kebijakan di tingkat perguruan tinggi akan menjadi
faktor penentu bagi tampilnya dosen yang berkompeten melaksanakan tugas sebagai pelaku utama misi perguruan
tinggi. Dosen yang telah diberdayakan akan sangat menentukan profesionalitas birokrasi perguruan tinggi secara
keseluruhan. Oleh karena itu implementasi kebijakan pemberdayaan dosen yang efektif akan sangat menentukan
pelaksanaan tugas tridharma perguruan tinggi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Sudrajat, T. (2014). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN DOSEN DAN PROFESIONALITAS BIROKRASI PERGURUAN TINGGI SWASTA. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 11(2), 310–323. https://doi.org/10.31113/jia.v11i2.44


Section
Articles

References

Buku-buku:

Aguilar, L.F. et.al. 'Public Policy And Human Resource

Development'. Diakses tanggal 2 Mei 2008.

ic/Documents/Un/Unpan01667.pdf>

Anwar, H. M. I. 2003. Administrasi Pendidikan dan

Manajemen Biaya Pendidikan. Teori, Konsep dan Isu.

Bandung : Alfabeta

Bennis, W. dan Mische M. 1999. Organisasi Abad 21.

Reinventing melalui Reengineering. Alih bahasa:

Irma AR. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo

Bianco, J.L. 2004. 'Processes of policy making and theories

of public policy: Relating Power, policy and

professional knowledge in literacy Agendas',

University of Melbourne. Diakses tanggal 29

April 2008. < h t t p : / / w w w . c e n t r e

forliteracy.qc.ca/publications/lobianco.pdf>

Blancard, K. 2002. Empowerment. Takes More Than a

Minute. 2nd Edition. Alih Bahasa : Y. Maryono

dkk. Yogyakarta : Amara Books.

Bromley, D. W. 1989. Economic Interests and Institutions,

The Conceptual Foundations of Public Policy. NewYork: Basil Blackwell Inc.

Daft, R. L. 1992. Organization Theory and Design. Fourth

Edition. Singapore : Into Access Distribution PTE

Ltd.

Djanali, Supeno. 2006. “Current Update of Higher

Education in Indonesiaâ€. Proceedings of Regional

Seminar on Higher Education in Southeast Asian

Countries.

Duderstadt, J. J. 2000. A University For The 21St Century.

Ann Arbor: The University of Michigan Press.

Dunn, W. N. 1981. Public Policy Analysis: An

Introduction. Prentice Hall Inc. Englewood

Cliffts.

Ernest, P. 'Empowerment In Mathematics Education'.

University of Exester, United Kingdom. Diakses

tanggal 3 Mei 2008. < h t t p : / / w w w . p e o p l e .

ex.ac.uk./PErnest/pome15/ernest_empowerm

ent.pdf>

Harrison, R. 1997. Employee Development. People And

Organizations. London : Institute of Personnel

and Development.

Hill, M. 1997. The Policy Process in The Modern State.

Third Edition. London: Prentice Hall/Harvester

Wheatsheaf.

Hoy, W. K. and Miskell C. G. 1991. Educational

Administration, Theory, Research, and Practice.

Fourth Edition. New York : McGraw-Hill, Inc.

Jones, C. O. 1984. An Introduction to The Study of Public

Policy. Third Edition. California: Brooks/Cole

Publishing Company.

Johnsons, S. L. and Rush, S. C. ed. 1995. Reinventing The

University. Managing and Financing Institutions

of Higher Education. New York : John Wiley &

Sons, Inc.

MacRae, Jr., D. and Wilde J. 1989. Policy Analysis for

Public Decisions. New York : University Press of

America.

Mandefrot, K. 2003. 'Empowerment in the 'New

Workplace': A Qualitative Study of Meaning and

Experience'. Canadian Association for the Study

of Adult Education. Diakses tanggal 3 Mei 2008

<http://www.oise.utoronto.ca/CASAE/cnf2003

/2003_papers/kenmandefrotCASC3.pdf>

McFarland, D. E. 1970. Management. Principles and

Practices. Third Edition. London : The MacMillan

Company Collier-MacMillan Limited.

Nanus, B. 2001. Kepemimpinan Visioner: Menciptakan

Kesadaran Akan Arah dan Tujuan Di Dalam

Organisasi. Alih Bahasa: Frederick Ruma. Jakarta:

PT. Prenhallindo.

Narayanan, V. K. and Nath R. 1993. Organization

Theory. A Strategic Approach. Homewood IL :

Richard D. Irwin, Inc.

Patton, C. P. and Sawicki D. S. 1984. Basic Methods of

Policy Analysis & Planning. Englewood Cliffs, N.J.

: Prentice-Hall.

Razik, T. A. and Swanson A. D. 1995. Fundamental

Concepts of Educational Leadership and

Management. Englewood Cliffs : Prentice

Hall.

Robbins, S. P. 1990. Organization Theory:Structures, Design and Applications. Third

Edition. Englewood Cliffs : Prentice-Hall

International, Inc.

Roux, N.L. 2002. 'Public policy-making and policy

analysis in South Africa amidst transformation,

change and globalization: Views on participants and

players in the policy analytic procedure', Journal of

Public Administration. Vol 37 no 4, December

Diakses tanggal 29 April 2008.

<http://www.up.ac.za/dspace/bitstream/2263/

/1/Roux_Public(2002).pdf>

Stewart, A. M. 1998. Empowering People. Pemberdayaan

Sumber Daya Manusia. Alih Bahasa: Agus M.

Hardjana. Yogyakarta: Kanisius.

Taylor, J. And Maria De Lourdes Machado. 2006.

'Higher Education Leadership And Management:

From Conflict To Interdependense Through Strategic

Planning'. Journal of Tertiary Education and

Management (2006) 12: 137-160. Diakses tanggal

Mei 2008.

Tjiptono, F. dan Diana A. 2002. Total Quality

Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit

Andi.

Usmara, A. ed 2002. Paradigma Baru Manajemen Sumber

Daya Manusia. Edisi Ke 2. Yogyakarta : Amara

Books.

Walker, J. W. 1992. Human Resources Strategy. New

York: McGraw-Hill Inc.

Wirawan 2002. Kapita Selekta Teori Kepemimpinan.

Untuk Praktek dan Penelitian. Jakarta : Yayasan

Bangun Indonesia & Uhamka Press.

Peraturan Perundang-undangan:

UU Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program

Pembangunan Nasional

UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

UU Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana

Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun

– 2025

UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

PP Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen

Drs. Tatang Sudrajat, S.IP. M.Si., Dosen Tetap

Kemendikbud/Kopertis Wil. IV dpk. FISIP

Unjani (s.d. 1 Februari 2013)

Pangkat/Golongan: Pembina IV A. Jabatan

Akademik: Lektor sejak 1998

S1 (Drs.) Ilmu Administrasi Negara, FISIP Unpad,

lulus tahun 1987

S1 (S.IP.) Ilmu Pemerintahan, FISIP Universitas

Terbuka, lulus tahun 2003

S2 (M.Si.) Ilmu Sosial/Kebijakan Publik, Pascasarjana

Unpad, lulus tahun 1999

S3, Administrasi Pendidikan/Studi Kebijakan,

Universitas Pendidikan Indonesia, s.d. selesai

penulisan disertasi dan disetujui komisi

pembimbing tahun 2008/tidak mengikuti

sidang

Nomor Tlp. 0817435504