PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PERSONAL TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN MINAT BELI BARANG FASHION PALSU DI KOTA SURABAYA, SIDOARJO, MOJOKERTO ( Penelitian Hibah Dosen Pemula tahun 2014 – Dikti )

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fedianty Augustinah
Anita Asnawi

Abstract

 

Asumsi dalam penelitian ini adalah Faktor Sosial dan Faktor Personal berpengaruh terhadap sikap dan minat beli konsumen pada barang fashion bermerek yang palsu di Kota Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto.Ada empat variabel laten (konstruk) yaitu social factor (X1), personal factor (X2), sikap terhadap pemalsuan barang (Y1) dan minat beli (Y2). Penelitian ini menganalisis bagaimana social factor (dengan 4 indikator, yaitu 1 indikator information susceptibility, 1 indikator normative susceptibility, dan 2 indikator collectivism), dan personal factor (dengan 5 indikator yaitu value consciousness, integrity, personal grativication, novelty seeking, dan status consumption), yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap pemalsuan barang (yang memiliki 3 indikator yaitu sikap terhadap niat pembelian barang palsu, sikap terhadap barang palsu, dan sikap terhadap konsekuensi sosial dan hukum), serta bagaimana sikap konsumen tersebut mempengaruhi niat beli. Dari rancangan penelitian tersebut, dapat dijelaskan pula social factor (X1) terhadap minat beli (Y2), serta pengaruh personal factor (X2) terhadap minat beli (Y2). Dari analisa data, diperoleh hasil bahwa Faktor Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Konsumen pada barang fashion palsu; faktor Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen pada barang fashion palsu; Faktor Personal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Konsumen pada barang fashion palsu; Faktor Personal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen pada barang fashion palsu;  Sikap Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen pada barang fashion palsu.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Augustinah, F., & Asnawi, A. (2015). PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PERSONAL TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN MINAT BELI BARANG FASHION PALSU DI KOTA SURABAYA, SIDOARJO, MOJOKERTO ( Penelitian Hibah Dosen Pemula tahun 2014 – Dikti ). Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 12(2), 331–350. https://doi.org/10.31113/jia.v12i2.88


Section
Articles

References

Alcock, L., Chen, P., Ch’ng, H.M., Hodson, S. 2003. “Counterfeiting : Tricks and Trendsâ€. Brand Mangement. Vol. 11 No. 2 pp.133-6.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka. Jakarta.

Azwar, Syaifudin. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Bian, X., Veloutsou, C. 2007. “Consumers’ Attitudes Regarding Non-Deceptive Counterfeit Brands in the UK and Chinaâ€. Brand Management. Vol. 14. No. 4 pp.473-81.

Cheek and Easterling, 2008. “Fashion Counterfeiting : Consumer Behavior Issues†Journal of Family and Consumer Science.

Cheung, W.L., Prendergast, G. 2006. “Buyers’ Perceptions of Pirated Products in Chinaâ€. Journal Marketing Intelligence & Planning. Vol. 24 No. 5 pp. 446-62.

De Matos, C.A., Ituassu, C.T., Rossi, C.A.V. 2007. “Consumer Attitudes Toward Counterfeits: a Review and Extensionâ€. Journal of Consumer Marketing. Vol. 24 no. 1, pp. 36-47.

Eastmen, J.K., Fredenberger, B., Campbell, D., Calvert, S. 1997. “The Relationship Between Status Consumption and Materialism : a Crosscultural Comparison of Chinese, Mexican, and American Studentsâ€. Journal of Marketing Theory and Practive. Vol. Winter.

Eisen, M., Schuchert-Guler, P. 2006. “Explaining Counterfeit Purchases : a Review and Preview’. Academy of Marketing Science Review. Vol. 2006 No. 12.

Furnham, A. And Valgeirsson, H. 2007. “The Effect of Life Values and Materlism on Buying Counterfeit Productsâ€. The Journal of Socio-Economicsa. Vol. 36 pp.677-85.

Gentry, J.W., Putrevu, S., Shultz, C.J. II. 2006. “the Effects of Counterfeiting on Consumer Searchâ€. Journal of Consumer Behaviour. Vol. 5 No. 3 pp.245-56.

Hidayat dan Phau, 2003. Pembajakan Produk : Dilema antara Barat dan Timur Kajian Literatur Pada Sisi Permintaan. Jurnal Siasat Bisnis. Hal. 189-217.

Koch, J.B., Koch, P.T. 2007. :Collectivism, Individualism, and Outgroup Cooperation in a Segmented Chinaâ€. Asia Pacific Journal of Management. Vol. 24 No. 2 pp. 207-25.

Kwong, K.K., Yau, O.H.M., Lee, J.S.Y., L.Y.M., Tse, A.C.B. 200. “The Effects of Attitudinal and Demographic Factors on Intention to Buy Pirated CDs: the Case of Chinese Consumersâ€. Journal of Business Ethics. Vol. 47 No. 3 pp.223-35.

Penz, E., Stottinger, B. 2005. “Forget the ‘Real’ Thing-Take the Copy! An Explanatory Model for the Volitional Purchase of Counterfeit Productsâ€. Advances in Consumer Research. Vol. 32 pp. 568-75.

Prendergast, G., Chuen, L.H., Phau, I. 2002. “Understanding Consumer Demand for Non-deceptive Pirated Brandsâ€. Marketing Intelligence & Planning. Vol. 20 No.7 pp.405-16.

Phau, Ian; teah, Min. 2009. “Devil wears (counterfeit) Prada: a study of antecedents and outvomes of attitudes towards counterfeits of luxury brandsâ€. Curtin University of Tchnology, Perth, Australia. Journal of consumer marketing. Pp.15-27.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jilid 1. Edisi 4. Salemba Empat, Jakarta.

Shipman, A. 2004. “Lauding the Leisure Class : Symbolic Content and Conspicous?â€

Suprapti, Ni Wayan Sri. 2010. Perilaku Konsumen. Denpasar. Udayanan Press.

Steenhaut, S., van Kenhove, P. 2006. “An Empirival Investigation of the Relationships Among a Consumer’s Personal Values, Ethical Ideology and Ethival Beliefsâ€. Journal of Business Ethics. Vol. 64 pp. 137-55.

Wang, F., Zhang, H., Ouyang, M. 2005. “Puchasing Pirated Software: an Initial Exaniation of Chinese Consumersâ€. Journal of Consumer Marketing. Vol. 22 No.6, pp.340-51.â€

Zhou, L., Hui, M.K. 2003. “Symbolic Value of Foreign Products in the People’s Republic of Chinaâ€. Journal of International Marketing. Vol. 11 No. 2, pp. 36-58.