ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PENYELENGGARAAN BIMBINGAN TEKNIS ANALISIS JABATAN DAN BEBAN KERJA KABUPATEN MUSI RAWAS

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Iwan Kurniawan
Budi Setiawan
Raisa Rafifiti Choerunnisa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan responden dan tingkat kepentingan atribut-atribut yang berkaitan dengan penyelenggaraan bimbingan teknis di Kabupaten Musi Rawas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari survei pengguna bimbingan teknis yaitu seluruh SKPD Kabupaten Musi Rawas pada bulan Juli tahun 2019. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan metode analisis CSI, nilai tingkat kepuasan responden secara keseluruhan untuk semua atribut sebesar 77,42 persen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat kepuasan responden terhadap berbagai atribut pada penyelenggaraan bimtek termasuk kepada kategori baik atau memuaskan. Dari hasil metode analisis IPA, atribut yang masuk dalam kuadran I (tingkat kepentingan tinggi dan kepuasan rendah) yaitu : penanganan terhadap pengaduan, saran, dan masukan, kesesuaian biaya, kesesuaian hasil pelayanan yang merupakan atribut prioritas utama untuk diperbaiki sedangkan atribut yang termasuk dalam kuadran II (tingkat kepuasan tinggi dan kepentingan tinggi) yaitu kemudahan prosedur pelayanan dan kecepatan pelayanan bimtek, dengan kata lain dipertahankan dan ditingkatkan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Kurniawan, I., Setiawan, B., & Choerunnisa, R. R. (2019). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PENYELENGGARAAN BIMBINGAN TEKNIS ANALISIS JABATAN DAN BEBAN KERJA KABUPATEN MUSI RAWAS. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 16(2), 273–288. https://doi.org/10.31113/jia.v16i2.529


Section
Articles

References

Anggraeni, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis persepsi konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 4(2), 74–81.

Arif, A., & Rianto, M. N. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo.

Daryanto, S. I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Cetakan I. Yogyakarta: Gava Media.

Dotulong, S. K. (2019). Pengaruh Analisis Jabatan, Disiplin Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Ternate. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 141–150.

Festinger, L. (1957). A Theory of Cognitive Dissonance (Row, Peterson, Evanston, IL). In FestingerA Theory of Cognitive Dissonance1957.

Handayani, N. M. M. . (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Fasilitas Trotoar Seputar Kebun Raya Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Majid, S. A. (2009). Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Monette, D. R., Sullivan, T. J., & DeJong, C. R. (2013).

Applied social research: A tool for the human

services. Nelson Education.

Nugraha, R., Harsono, A., & Adianto, H. (2013).

Usulan peningkatan kualitas pelayanan jasa pada bengkel “x†berdasarkan hasil matrix importance-performance analysis. Reka Integra, 1(3).

Pujangkoro. (2004). Analisis Jabatan (job Analysis). EUSU Repository, 1–14.

Rahmayanti, N. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rangkuti, F. (2002). Measuring customer satisfaction: Teknik mengukur dan strategi meningkatkan kualitas pelanggan. Edisi keempat, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi

(mixed methods). In Bandung: Alfabeta. Tjiptono, F., &

Chandra, G. (2005). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Umam, R. K., & Hariastuti, N. P. (2018). ANALISA KEPUASAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS(IPA).ProsidingSeminarNasional Sains Dan Teknologi Terapan, 6(1), 339–344. Yamit, Z. (2001). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia, Fakultas Ekonomi UII.