PENGARUH PARTISIPASI ANGKATAN KERJA TERDIDIK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA: PERSPEKTIF MODAL MANUSIA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Shinta Puspasari

Abstract

Pendidikan merupakan suatu investasi dalam pembangunan. Beberapa studi telah menentukan pengaruh modal manusia terhadap pertumbuhan ekonomi. Sektor pendidikan dengan memosisikan manusia sebagai fokus dalam pembangunan telah memberikan kontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Berdasarkan hasil analisis regresi short dan long run pada penelitian, pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh GFCF secara signifikan dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Modal manusia berdasarkan tingkat pendidikan dasar dan lanjutan memiliki pengaruh yang signifikan baik dalam waktu jangka panjang dan jangka pendek.

Pembentukan modal manusia harus didorong dengan adanya kebijakan yang diambil pemerintah tentang investasi terhadap modal manusia dan modal fisik. Dengan adanya subsidi pendidikan dari pemerintah harus dibarengi dengan tumbuhnya tingkat kesadaran masyarakat di Indonesia yang mendukung program tersebut dengan cara menyekolahkan anak-anaknya sampai pendidikan paling tinggi. Hal ini dikarenakan tingkat partisipasi angkatan kerja terdidik dengan tingkat pendidikan tertentu akan meningkatkan produktivitas yang beujung pada peningkatan nasional  dan meningkatkan pendapatan perkapita penduduk.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Puspasari, S. (2019). PENGARUH PARTISIPASI ANGKATAN KERJA TERDIDIK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA: PERSPEKTIF MODAL MANUSIA. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 16(2), 194–209. https://doi.org/10.31113/jia.v16i2.500


Section
Articles


Author Biography

Shinta Puspasari, Mahasiswa Magister Ekonomi Terapan Universitas Padjadjaran

STIA LAN Bandung, Administrasi Umum

References

Acemoglu dan Autor. (2012). What Does Human Capital Do? A Review of Golding and Katz's the Race between Education and Technology. ournal of Economic Literature, 426–463.

Aghion and Howitt. (2009). The Economics of Growth. Massachusetts: The MIT Press.

Aimon, H. (2012). Productivity, Human Resource Investment, Physical Investment, Job Opportunities for Poverty and Economic Growth in Indonesia. Journal of Economic Studies, 209-218.

Andreas Savvides and Thanasis Stangos. (2009). Human Capital and Economic Growth. California: Stanford University Press.

Barro, R. (1991). Economic growth in a cross section countries. the quarterly journal of economic, 407-443.

Becker, G. (1964). Human Capital; a Theoretical and Empirical Analysis, with Spe-cial Reference to Education. Newyork: the National Bureau of Economic Research, Inc.

Bokana dan Akinola. (2017). Productivity Effect of Higher Education Human Capital in Selected Countries of Sub-Saharan Africa. Zbornik radova Ekonomskog fakulteta u Rijeci: Äasopis za ekonomsku teoriju i praksu/Proceedings of Rijeka Faculty of Economics: Journal of Economics and Business, 173-198.

Danquah dan Ouattara. (2014). Productivity Growth, Human Capital and Distance to Frontier in Sub-Saharan Africa. Journal of Economic Development, 27-48.

Diebolt dan Hippe. (2018). The long-run impact of human capital on innovation and economic development in the regions of europe. Applied Economics, 542-563.

Duflo, E. (2001). Schooling and Labor Market Consequences of School Con-struction in Indonesia: Evidence from an Unusual Policy Experiment. American Economic Review, 91(4), 795-813. Dipetik 11 12, 2018

Hina Amir, dkk. (2015). Impact of educated labor force on Economic growth of Pakistan:. European Online Journal of Natural and Social Sciences, Vol.4, No.4(26 October 2015), 814-831. Dipetik September 2018, dari www.european-science.com

ILO. (2017). Laporan Ketenagakerjaan Indonesia 2017: Memanfaatkan Teknologi untuk Pertumbuhan. Jakarta: ILO.

Iryanti, R. (2017). Education & Skill Mismatch di Indonesia. International Conference on Jobs and Skill Mismatch. Geneva: ILO.

Islam, Ghani, Kusuma, Theseira. (2016). Education and Human Capital Effect on Malaysian Economic Growth. International Journal of Economics and Financial Issue, 1722-1728.

Kakar, Z.K. (2011). Relationship between Education and Economic Growth in Pakistan: A time series analysis. Journal of International Academic Research, 11(1).

Khan, A. B. (2008). Impact of higher education on economic growth of Pakistan. MPRA.

Khilji, B.A. (2013). Dynamics of Pakistan’s Economic Growth and Human Resources: Comprehensive Approach. SAARC Journal of Human Resource Development.

Lebedinski dan Vandenberghe. (2012). Assessing education's contribution to productivity using firm level evidence. International journal of manpower, 1116-1139.

Lucas, R. E. (1988). ON THE MECHANICS OF ECONOMIC DEVELOPMENT. Journal of Monetary Economics, 3-42.

Michael P. Todaro, dkk. (2012). Economy Development. Dalam d. Michael P. Todaro, Economy Development. Boston: Pearson Education, Inc.

Nguyen, T.-A. (2009). Sources of Economic Growth: Physical capital, Human. Paris: CES: UniversitÈ de Paris I PanthÈon-Sorbonne.

Phelps, R. R. (1966). Investment in Humans, Technological Diffusion, and Economic Growth. The American Economic Review, 56 No. 1/2( (Mar. 1, 1966)), 69-75. Diambil kembali dari http://www.jstor.org/stable/1821269

Quddus, M.A. (2010). “Relationship between school education and economic growth in Pakistan. Pakistan Economic and Social Review, 39-60.

Schmidt, A. C. (2001). Economic and Demographic Change: A Synthesis of Models, Findings and perspective. Dalam A. C. Nancy Birdsall, Population Matters: Demographic Change, Economic Growth, and Poverty in the Developing World (hal. 67-105). New York: Oxford University Press.

Schultz, T. W. (1960). Capital Formation by Education. Journal of Political Economy, 571-583.

Solow, R. M. (1956). A Contribution to the Theory of Economic Growth. The Quarterly Journal of Economics, 70( No. 1 (Feb., 1956)), 65-94. Diambil kembali dari http://www.jstor.org/stable/1884513

Sukirno, S. (2016). Teori Pengantar Makro. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

World Bank. (2018, September). Diambil kembali dari data.worldbank.org: https://data.worldbank.org/indicator/sl.tlf.cact.zs