STUDI KORELASI ANTARA NILAI SOFT SKILLS DENGAN CAPAIAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA DI POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Soft Competency Scale-Self Administrated Questionnaire (SCS-SAQ) terhadap sample responden mahasiswa
program diploma 3 POLMAN Bandung. Penelitian bertujuan untuk melihat korelasi dimensi-dimensi
soft skills yang terdiri dari: motivation, flexibility, willingness to learn, integrity, relationship building, teamwork
& cooperation, leadership, dan communication skill dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa.
Responden penelitian adalah mahasiswa POLMAN Bandung tingkat III sebanyak 72 orang. Pada
penelitian ini, jawaban kuesioner menggunakan skala Osborn dengan empat rentang pilihan mulai dari
sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Metode penelitiannya adalah deduktif dengan
metode pengumpulan data survei melalui kuesioner. Jenis penelitian Kausal Research Non Experimental,
sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian ex post facto dimana peneliti tidak
memberikan perlakuan tertentu terhadap subjek dalam penelitian, tetapi hanya mengamati sesuatu
yang telah berlangsung. Hasil penelitan menunjukkan korelasi antara soft skills dengan Indeks Prestasi
Kumulatif mendapatkan nilai – 0,170 yang dapat dikategorikan memiliki hubungan yang lemah dan
berdasarkan uji signifikansi hasil menunjukkan nilai 0,152 yang berarti korelasi kedua variabel tersebut
tidak signifikan. Meskipun hasilnya terdapat hubungan yang lemah antara soft skills dan Indeks Prestasi
Kumulatif namun bukan berarti mengecilkan arti capaian nilai dari kedua variabel tersebut. Hal ini
dapat diartikan bahwa kegiatan pendidikan untuk pengembangan baik soft skills maupun hard skills yang
terakumulasi dalam nilai IPK perlu diarahkan untuk sama-sama mendapatkan porsi yang sama, sehingga
mahasiswa diharapkan mendapatkan prestasi akademik yang baik sekaligus sikap yang baik pula.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Ariyani, E.D., Muhammad, A., Sadikin, S. (2015).
Mengembangkan Model Soft Competency Scale
dalam Pengukuran Nilai Indeks Soft Skills
Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa
Politeknik Manufaktur Negeri Bandung).
Makalah Presentasi Temu Ilmiah di
Universitas Tarumanagara: Jakarta.
Nggermanto, A (2005) Quantum Quotient
Kecerdasan Quantum. Bandung: Nuansa,
, cet ke – 6.
Eko, dkk. (2012). Penelitian Ex Post Facto,
Deskriptif dan Historis. Universitas Sebelas
Maret: Surakarta. [Online] Tersedia di:
http://www.penalaran-unm.org/artikel/
penelitian [Diakses pada tanggal 1-7-2015]
Sailah, I. (2008). Pengembangan Soft Skills di
Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi..
Sarwono, J (2006). Metode Penelitian Kuantitatif
dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muhammad, A. (2015). Gambaran Soft Skill
Mahasiswa Dilihat dari Hasil Pengukuran Soft
Competency Scale (Studi Kasus di Politeknik
Manufaktur Negeri Bandung). Seminar
Nasional Penerapan Penelitian dan
Pengabdian Pada Masyarakat, Universitas
Tarumanagara 2015.
Sinaga, H. (2012). Pentingnya Hard Skill dan Soft
Skills bagi Mahasiswa. [On line] Tersedia di:
http://hardinan.blogspot.com [Diakses
pada tanggal 14-9-2015].
Spencer, L.M. & Spencer, S.M. (1993).Competence
At Work: Models for Superior Performance.
John Wiley & Sons. Inc. New York.
Sumarsono, HM. S. (2004). Metode Riset Sumber
Daya Manusia. Graha Ilmu.Yogyakarta.
Widhiarso, W.(2009). Evaluasi Soft Skills dalam
Pembelajaran. [On line] Tersedia di: http://
widhiarso. staff.ugm.ac.id [Diakses pada
tanggal 14-9-2015]
Sumaryana, A. (2007) IPK vs “Soft skills†d/h
Adakah Korelasi Tingkat Pendidikan dengan
Keberhasilan Karir? [On line tersedia
di :http://www.pikiran-rakyat.com/
cetak/2007/072007/18/0901.htm[Diakses
pada tanggal 10-9-2015]
Rizki, N. (2012) Kajian Teoritik Soft Skills Bab
II [On line] tersedia di: http://eprints.
uny.ac.id/8954/3/BAB%202%20
-08402244004.pdf[Diakses pada tanggal
-9-2015] Peraturan Akademik Politeknik
Manufaktur Negeri Bandung, (2013)