STUDI KORELASI ANTARA NILAI SOFT SKILLS DENGAN CAPAIAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA DI POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Emma Dwi Ariyani
Supriyadi Sadikin
Achmad Muhammad

Abstract

Penelitian ini merupakan deskriptif atas pengolahan statistik data kuesioner melalui alat ukur
Soft Competency Scale-Self Administrated Questionnaire (SCS-SAQ) terhadap sample responden mahasiswa
program diploma 3 POLMAN Bandung. Penelitian bertujuan untuk melihat korelasi dimensi-dimensi
soft skills yang terdiri dari: motivation, flexibility, willingness to learn, integrity, relationship building, teamwork
& cooperation, leadership, dan communication skill dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa.
Responden penelitian adalah mahasiswa POLMAN Bandung tingkat III sebanyak 72 orang. Pada
penelitian ini, jawaban kuesioner menggunakan skala Osborn dengan empat rentang pilihan mulai dari
sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Metode penelitiannya adalah deduktif dengan
metode pengumpulan data survei melalui kuesioner. Jenis penelitian Kausal Research Non Experimental,
sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian ex post facto dimana peneliti tidak
memberikan perlakuan tertentu terhadap subjek dalam penelitian, tetapi hanya mengamati sesuatu
yang telah berlangsung. Hasil penelitan menunjukkan korelasi antara soft skills dengan Indeks Prestasi
Kumulatif mendapatkan nilai – 0,170 yang dapat dikategorikan memiliki hubungan yang lemah dan
berdasarkan uji signifikansi hasil menunjukkan nilai 0,152 yang berarti korelasi kedua variabel tersebut
tidak signifikan. Meskipun hasilnya terdapat hubungan yang lemah antara soft skills dan Indeks Prestasi
Kumulatif namun bukan berarti mengecilkan arti capaian nilai dari kedua variabel tersebut. Hal ini
dapat diartikan bahwa kegiatan pendidikan untuk pengembangan baik soft skills maupun hard skills yang
terakumulasi dalam nilai IPK perlu diarahkan untuk sama-sama mendapatkan porsi yang sama, sehingga
mahasiswa diharapkan mendapatkan prestasi akademik yang baik sekaligus sikap yang baik pula.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Ariyani, E. D., Sadikin, S., & Muhammad, A. (2015). STUDI KORELASI ANTARA NILAI SOFT SKILLS DENGAN CAPAIAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA DI POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNG. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 12(3), 371–382. https://doi.org/10.31113/jia.v12i3.49


Section
Articles

References

Ariyani, E.D., Muhammad, A., Sadikin, S. (2015).

Mengembangkan Model Soft Competency Scale

dalam Pengukuran Nilai Indeks Soft Skills

Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung).

Makalah Presentasi Temu Ilmiah di

Universitas Tarumanagara: Jakarta.

Nggermanto, A (2005) Quantum Quotient

Kecerdasan Quantum. Bandung: Nuansa,

, cet ke – 6.

Eko, dkk. (2012). Penelitian Ex Post Facto,

Deskriptif dan Historis. Universitas Sebelas

Maret: Surakarta. [Online] Tersedia di:

http://www.penalaran-unm.org/artikel/

penelitian [Diakses pada tanggal 1-7-2015]

Sailah, I. (2008). Pengembangan Soft Skills di

Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi..

Sarwono, J (2006). Metode Penelitian Kuantitatif

dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhammad, A. (2015). Gambaran Soft Skill

Mahasiswa Dilihat dari Hasil Pengukuran Soft

Competency Scale (Studi Kasus di Politeknik

Manufaktur Negeri Bandung). Seminar

Nasional Penerapan Penelitian dan

Pengabdian Pada Masyarakat, Universitas

Tarumanagara 2015.

Sinaga, H. (2012). Pentingnya Hard Skill dan Soft

Skills bagi Mahasiswa. [On line] Tersedia di:

http://hardinan.blogspot.com [Diakses

pada tanggal 14-9-2015].

Spencer, L.M. & Spencer, S.M. (1993).Competence

At Work: Models for Superior Performance.

John Wiley & Sons. Inc. New York.

Sumarsono, HM. S. (2004). Metode Riset Sumber

Daya Manusia. Graha Ilmu.Yogyakarta.

Widhiarso, W.(2009). Evaluasi Soft Skills dalam

Pembelajaran. [On line] Tersedia di: http://

widhiarso. staff.ugm.ac.id [Diakses pada

tanggal 14-9-2015]

Sumaryana, A. (2007) IPK vs “Soft skills†d/h

Adakah Korelasi Tingkat Pendidikan dengan

Keberhasilan Karir? [On line tersedia

di :http://www.pikiran-rakyat.com/

cetak/2007/072007/18/0901.htm[Diakses

pada tanggal 10-9-2015]

Rizki, N. (2012) Kajian Teoritik Soft Skills Bab

II [On line] tersedia di: http://eprints.

uny.ac.id/8954/3/BAB%202%20

-08402244004.pdf[Diakses pada tanggal

-9-2015] Peraturan Akademik Politeknik

Manufaktur Negeri Bandung, (2013)