STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT BISNIS PRIORITAS PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Jeini Christie Kambey

Abstract

Salah satu rahasia perusahaan yang sukses adalah dengan memiliki strategi untuk bekerja berdasarkan rencana yang tepat, memiliki tujuan yang jelas, transparan, dan terukur. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yaitu adanya gap (kesenjangan) antara hal yang diharapkan (Das Solllen) dan keadaan yang nyata (Das Sein), kendala-kendala yang dihadapi serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan dalam rangka meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) pada unit bisnis prioritas BTN KC.
Bandung. Dengan melakukan identifikasi faktor-faktor internal perusahaan (IFE) dan ekternal yang mempengaruhi perusahaan (EFE) yang dilakukan dengan menggunakan metode SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan menurunkan strategi sampai menjadi aksi dengan metode Balanced
Scorecard yang berlandaskan teori manajemen strategis dari David, (2009).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan kredibilitas data yang diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Proses
pengolahan data dihasilkan melalui analisis data. Hasil penelitian diketahui bahwa strategi unit bisnis prioritas tidak diketahui sampai ke level operasional
(staf) sehingga untuk proses pengembangan unit bisnis prioritas belum optimal.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Kambey, J. C. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT BISNIS PRIORITAS PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 12(1), 151–166. https://doi.org/10.31113/jia.v12i1.240


Section
Articles

References

David, F. 2009. Manajemen Strategi…….

Dendawidjaya, L. 2003. Manajemen Perbankan.

Jakarta : Ghalia Indonesia.

Dess, G. G. et al. 2007, Management Strategic: Text and

Cases, Boston: McGraw Hill Companies,

Inc.

Hasibuan, SP. 2005. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta:

PT. Bumi Aksara.

Kaplan, S dan David N. 1996. The Balanced Scorecard.

Translating Strategy Into Action. President

and Fellows of Harvard College. United

States of America.

-----------. 2000. (Diterjemahkan oleh Peter R.

Balanced Scorecard Menerapkan Strategi

Menjadi Aksi). Jakarta: Erlangga.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Roger, L.M and Vanhoose D. 1993. Modern Money

and Banking. McGraw-Hill Book Co.,

International Third Edition: Singapore.

Pearce, J. A. & Robinson, R. B. 2007, Strategic

Management, Formulation, Implementation,

and Control. Boston: McGraw Hill

Companies, Inc.

Rangkuti. 2009. Analysis SWOT. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Robbins & Coulter. 2007. Manajemen. Edisi

kedelapan. Jilid 1. Indonesia: PT Indeks.

Satori D, dan Komariah, A. 2011. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

Suyanto, M. 2007. Strategic Management. Yogyakarta:

CV Andi Offset.

Uehara, T. (1999). Strategic Management For Public

Administrators. New York: Research unir for

Policy Science, St. Martins Press, Inc.

http://www.btn.co.id

http://www.slideshare.net/ChristianYLokas/30-

definisi manajemen-menurut-para-ahli-

(diunduh pada 12 Februari 2014)

http://mobelos.blogspot.com/2013/12/pengertia

n-manajemen-definisi-manajemen.html

(diunduh pada 12 Februari 2014)

UU Perbankan No. 10 Tahun 1998. Pengertian Bank

Surat Edaran Bank Indonesia No 6/23/DPNP

tanggal 31 Mei 2004. Dana Pihak Ketiga

Fasilitas dan Benefit BTN Prioritas Memo

No.247/WMD/IV/2014