STRATEGI KOMUNIKASI KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA PADA PERATURAN GUBERNUR NOMOR 110 TAHUN 2018

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Moris Pricahyadi
Thoriq Ramadani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam upaya mengkomunikasikan kebijakan Peraturan Gubernur No. 110 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan. Strategi komunikasi tersebut bisa dilihat dari penentuan komunikator, penetepan target, Menyusun pesan-pesan, pemilihan media dan saluran komunikasi,pretesting communication material, produksi media, penyebarluasan pesan, dan pengaruh (effect) yang diharapakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif memiliki tujuan untuk menggali fakta mengenai strategi komunikasi yang dilakukan Disdukcapil Pemprov DKI Jakarta terhadap Pergub. No 110 Tahun 2018. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi Peraturan Gubernur No. 110 Tahun 2018 yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah dilakukan, namun belum dijalankan dengan perencanaan yang sistematis. Bahkan, ada kekhawatiran jika masyarakat mengetahui isi Peraturan Gubernur tersebut, masyarakat akan menuntut pelayanan yang semakin prima, sedangkan masih adanya beberapa kendala di lapangan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Pricahyadi, M., & Ramadani, T. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA PADA PERATURAN GUBERNUR NOMOR 110 TAHUN 2018. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 16(1), 112–126. https://doi.org/10.31113/jia.v16i1.222


Section
Articles

References

Azeem, M. R., & Toni, A. (2018). Strategi Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dalam Pengelolaan Jejaring Sosial. Jurnal Komunikasi Vol. 10, No. 2, 115-130.

Buluamang, Y. M., & Handika, L. P. (2018). Komunikasi Pemerintahan Antara Perangkat Daerah DI Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Jurnal Penelitian Komunikasi Vol.21 No. 1, 57-72.

Cangara, H. (2018). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fiske, J. (2007). Cultural and Communication Studies Sebuah Pengantar Paling Komperehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Furqoni, M. (2014). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Publika Vol 2, No 3, 1- 12.

Hasan, E. (2005). Komunikasi Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.

Juwita, R. (2011). Public Understanding and Communication Strategy Evaluation of Local Regulation No. 09 Year 2004 on Zero Child Labour Zone in Kutai Kartanegara Regency. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 8, Nomor 2, 1-11.

Munandar, H., & Suherman, M. (2016). Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosial. Prosiding Hubungan Masyarakat Volume 2, No. 1, (p. 423-430).

Noviyanto, F., Setiadi, T., & Wahyuningsih, I. (2014). Implementasi Sikades (sistem Informasi Kependudukan Desa) untuk Kemudahan Layanan Administrasi Desa Berbasis Web Mobile. Jurnal Informatika Vol. 8, No. 1, 858- 869.

Pratama, M. R. (2018). Proyeksi Fundamen Pelayanan Publik Menuju Pelayanan Publik Ideal. Jurnal Ilmu Administrasi Volume XV, Nomor 1, 88 - 96.

Rakhmah, A., & Meirinawati. (2016). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Surabaya. Publika Vol 4, No 9, 1-7.

Rodiah, S., & Yusup, P. M. (2018). Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Desa Agro Wisata di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Signal Unswagati Cirebon Vol 6 No 2, 1-13.

Rosfiantika, E., & Rodiah, S. (2015). Communication Strategies of Natural Resources and Environment Protection And Management Policies Based On Local Wisdom In Tasikmalaya Regency. Edutech, Tahun 14, Vol.1, No.2, 273-290.

Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA) No.2 Tahun XI, 56-65.

Sandy, A. Y. (2015). Kebijakan Komunikasi Pada Proyek Eksplorasi Panas Bumi di Baturaden Dalam Perspektif FPIC. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 1-10.

Sedarmayanti. (2018). Komunikasi Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.

Sofyan, A. (2013). Kinerja Pelayanan Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat. Journal of Science and Technology Vol 3, No 11, 1-13.

Yohanitas, W. A. (2018). Strategi Penanganan Pengaduan dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Volume XV, Nomor 1, 103-115.