Efektivitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi di Kota Depok
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Pelayanan administrasi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Depok, telah menghasilkan kinerja nyata. Jika pelayanan ini terjadi stagnasi, hampir dipastikan sektor lain terkena dampaknya. Efektifitas kinerja ASN di Kota Depok adalah di antara faktor yang menentukan keberhasilan organisasi, tujuan akhirnya berupa kepuasan publik atas pelayanan yang didapatkan. Senyatanya di Kota Depok terindikasi bahwa ASN belum optimal dalam memberikan pelayanan publik. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data primer dengan wawancara mendalam; observasi; dan focuss group discussion, serta validasi data dengan triangulasi. Hasil penelitian/Temuan: kinerja ASN di Kota Depok terbukti sudah cukup efektif sesuai perencanaan dan harapan publik. Adanya kerjasama yang baik dalam menyelesaikan beban tugas, dan pemanfaatan waktu secara optimal, sehingga dapat mencapai sasaran kerja individu dan tim sesuai perencanaan. Kegiatan tersebut, didukung sarana dan prasarana yang memadai, serta kemampuan ASN dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja. Rekomendasi: perlu dibuat time management yang lebih baik di Pemerintah Kota Depok berkaitan dengan pencapaian dan perwujudan visi, misi, tujuan, dan program kerja organisasi.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Akhmad. (2016). Studi Pengembangan Kemampu an Sumber Daya Manusia Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Jeneponto Dosen Universitas Perjuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 6, No. 2, Hal. 1-21.
Aagaard, Peter. (2012). Drivers and Barriers of Public Innovation in Crime Prevention. The Innovation Journal: The Public Sector Innovation Journal, Vol 17, No. 1, article 6. Hal. 73-89.
Aries S., & Baskoro. S. W. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja serta Dampaknya pada Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) APD Semarang). Jurnal Sumber Daya Manusia, Vol. 7. No. 2, hal. 77-84.
Apriani, D., & Hartoyo, W. E. (2012). Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sandang Asia Maju Abadi Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 1. No. 4, Hal. 76-86.
Botutihe, Nuzlan (2017). Analisis Efektivitas Pelayanan Publik Pada Rumah Sakit Aloe Saboe Provinsi Gorontalo. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. XII.No.1. April2014.Hal.22-41.
Buchholz, Steve. (2000). Creating the High Performance Team. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Cresswell, John W. (2002). Research Design. Quantitative & Qualitative Approaches, New York: Sage Publication, Inc.
Daraba, Dahyar. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Rangka Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik Di Kabupaten Takalar. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 5. No. 1. Hal. 60-78.
Denhardt, Janer V, dan Robert B. Denhardt. (2003).
The New Public Service: Serving Not Steering. Armonk, N.Y: M.E.Sharpe.
Dharma, Surya. (2011). Manajemen Kinerja (Falsafah Teori dan Penerapannya), cetakan keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dwiyanto, Agus. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Erawati, Irma. Muhammad Darwis, Muh. Nasrullah. (‎2017). Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, Jurnal Office, Vol.3, No.1. Hal. 1-19.
Fajar, Apriani, (2010). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kepemimpinan terhadap Efektivitas Kerja, Jurnal BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi; Vol. 16, No 1. Hal. 1-16.
Franklin, A. L., & Pagan, J. F. (2006). Organization Culture as an Explanation for Employee Discipline Practices, Review of Public Personnel Administration, Vol. 26, No. 1, hal. 52-73.
Gedeona, Hendrikus T. (2015). Analisis Model Alternatif Instrumen Pengukuran Kinerja Unit Pelayanan Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. XII. No.3Desember2015.Hal. 469-490.
Harianty, Anwar, Risma Niswaty, Sirajuddin Saleh. (2017). Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Berbasis Online. Jurnal Ilmiah Ilmu AdministrasiPublik,Vol.7,No.1, Hal.1-18.
Hariani, Dyah. (2008). Manajemen Komplain dan Penanganan Keluhan dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik. Vol. 5, No. 2, Hal. 245-246, 247, 248.
Handayani, Sri. (2016). Inovasi Layanan (Studi Kasus Emergency Call 115 sebagai Inovasi Layanan pada Kantor Basarnas Kelas A Biak), Jurnal Administrasi Publik, Vol. 6 No. 1. Hal. 31-46.
Harlie. (2010). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tambolong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 11, No. 2, hlm 117-124.
Ibrahim, Irfan. (2018). Implementasi Kebijakan Diklatpim IV Pola Baru Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Pemerintah Provinsi Gorontalo Diklatpim Iv Pola Baru Policy Implementation to Improving Public Services Quality in Gorontalo Provincial Government. Jurnal Ilmu Administrasi (JIA). Vol. XV. No. 2. Desember 2018. Hal. 242- 260.
Ishak, Fitroy. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Biluhu, Jurnal Ilmu Administrasi,Vol.4, No2,hal.105-109.
Iskandar, Dadi, Junaedi. (2016). Reaktualisasi Semangat Kepublikan Birokrasi Di Era Reformasi. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. XIII. No. 1. April 2014. Hal. 139-154.
Jalonen, Harri. (2016). Social Networking Sites (SNSs): Smart Platforms for Public Service Innovation?. International Journal of Virtual Communities and Social Networking (IJVCSN), Vol. 8, No. 2. Hal. 43-60.
Kadarisman, Muh. (2013). Manajemen Pengem bangan Sumber Daya Manusia, Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Kurniasari, Herwinda dan Susi Sulandari. (2017).
Inovasi Pelayanan Publik di Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Semarang.
Journal of Public Policy and Management Review Vol. 6, No. 2. Hal. 1-19.
Keputusan Walikota Depok Nomor: 061.2/204/Kpts/Ortala/Huk/2006 tentang Penetapan Hari dan Jam Kerja di Lingkungan Pemerintah Kota Depok.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Koeswara, Hendri And Roza Liesmana. (2014). The Analysis of Public Service Expense Policy in the Regional Budget.
International Journal of Administrative Science & Organization, January 2014. Bisnis & Birokrasi , Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Vol. 21, No.1. Hal. 50-57
Lumentah, Jeferson Glandy; Posumah, Jhonny Hanny; Ogotan, Martha. (2015). Evaluasi Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Camat Tompaso Kabupaten Minahasa, Jurnal AdministrasiPublik,Vol.3,No. 031,Hal.103- 115
Lie, Elsye, Selviana. (2015). Pengaruh Komitmen Organisasional Dan Perilaku Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Bank Ntt. Program Magister Ilmu Administrasi Universitas. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 5. No. 2. Hal. 1-23.
Minfiattin , Hartutiningsih, Achmad Djumlani, (2017). Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Loa Janan, eJournal Administrative Reform,
Vol. 5, No. 3, hal. 612-621.
Muliaty, (2016). Faktor-Faktor Yang Mempenga ruhi
Kualitas Pelayanan Pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 6 No. 1. Hal. 34-46.
Mandasari, Pika, Adam Idris, Letizia Dyastari, (2017. Kinerja Aparatur Sipil Negara (Asn) Dalam Meningkatkan Kualitas Birokrasi Di Kelurahan Bontang Baru Kota Bontang, eJournal Ilmu Pemerintahan, 2017, Vol. 5, No. 4, hal. 1385-1398.
Mandey, Donevan Jeremy, (2015). Pengaruh Profesionalisme Aparat Kelurahan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Malalayang Satu Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3, No. 031, Hal. 43-51.
Mariati, Rahman, dkk. (2017). Kualitas Layanan Kesehatan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, Vol. 7, No.1, Hal. 15-26.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Penerbit: Remaja Rosdakarya, Cetakan Ke 27.
Nur, Kholisa. 2012. Hubungan Manajemen Waktu Dengan Efektivitas Kerja Karyawan, Journal of Social and Industrial Psychology, Vol. 1. No. 1. Hal. 1-16.
Pratama, Arif Budy, Ajeng Tri Isnanik. (2018).
Evaluasi Berjalan Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, jurnal Ilmu Administrasi (JIA), Vol XV, No. 2, Desember2018, Hal.148-162.
Pasolong, Harbani. (2014). Teori Administrasi Publik. Bandung: CV Alfabeta, Hal. 41-60.
Peraturan Menteri Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerin tah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2017.
Prawira, Maulana Arief, dkk. (2014). Inovasi Layanan (Studi Kasus Call Center SPGDT 119 sebagai Layanan Gawat Darurat pada Dinas Kesehatan Provinisi DKI Jakarta). Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 2. No. 4 Hal. 715-721.
Parasuraman, Zeithaml, A.V. dan Berry L.L. 1985, A Conceptual model of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 67, No. 3. Hal. 420-450.
Muh. Kadarisman
Pasolong, Harbani, (2014). Teori Administrasi Publik, Bandung: Alpabeta.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2006 tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah.
Putra, Fariz Ramanda, Utami, Hamidah Nayati & Hakam, M.S. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Naraya Telematika Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6, No 1. Hal. 45-59.
Pamesti, R. (2014). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Lingkungan dan Kemampuan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 3. No. 2, hlm 1-10.
Putra, A. W., & Ruzikna. (2014). Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja Dan Kinerja. Jurnal Administrasi Pembangunan, Vol. 2. No. 3, hlm 227-360.
Prasodjo, Tunggul, (2017). Paradigma Humanis dalam Pelayanan Publik Dosen STISIP 17-8-1945 Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik,Vol.7,No.1.Hal. 38-45.
Suryadi, E. (2010.) Ananlisis Peranan Leadership dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajerial, Vol. 8. No. 16, hal. 1-9.
Sari, Ririn, Nur Indah, Hady Siti Hadijah. (2018).
Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPMANPER), Vol 1, No. 2. Hal. 1-13.
Saputra, Boni, Suripto, Yulvia Chrisdiana, (2018).
Indigeneous Public Administration: Melihat Administrasi Publik Dari Perspektif Kearifan Lokal (Local Wisdom), Jurnal Ilmu Administrasi (JIA) Vol. XV. No. 2. Desember 2018. Hal. 278 – 292.
Umaternate, Arfia Rompas, Sonny Tampi, Gustaf Budi. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan Di Kantor Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Kecamatan Tikala Kota Manado, Jurnal Administrasi Publik, Vol 3, No. 031. Hal. 70-83
Wahyuni, Nina, Maesaroh, Albury. (2014). Analisis Inovasi Pelayanan Di Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Studi Kasus Smile Police), Jurnal Administrasi Publik, 2014: Vol 4, No 2, p. 1-20.
Wahyuni, Nurfitri, Haedar Akib & Muhammad Darwis. (2017). Keefektifan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, Vol. 7, No. 1. Hal. 21-43.