STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDAR LAMPUNG

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Iqbal

Abstract

Strategi komunikasi perlu dirancang dan dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk meminimalisir kegagalan implementasi kebijakan yang disebabkan karena faktor misunderstanding communication atau kesalahpahaman dalam menangkap informasi yang dikomunikasikan baik antara stakeholder maupun masyarakat. Strategi komunikasi digunakan untuk membangun koordinasi yang baik dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 07 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bandar Lampung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) mempunyai wewenang dan tugas dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan di kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap kinerja pegawai DISDUKCAPIL Kota Bandar Lampung. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan metode deskriptif analisis dengan pendekatan non interaktif. Di sisi lain, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan yang memanfaatkan buku, artikel jurnal, berita online, serta website lembaga-lembaga otoritatif. Temuan penting dari penulisan ini adalah bahwa upaya strategi komunikasi guna meningkatkan pelayanan publik yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Bandar Lampung (1) Memanfaatkan teknologi komunikasi seperti penyebarluasan informasi, menerima masukan, saran, dan pengaduan dari masyarakat melalui whatsapp, email, dan website. (2) Membangun website yang prima untuk mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan secara daring sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019. (3) Melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) setiap tahun dengan memanfaatkan penyebaran kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Iqbal, M. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 19(1), 23–30. https://doi.org/10.31113/jia.v19i1.814


Section
Articles